RSS Feed

Ciremai via Linggarjati

Akhirnya mendaki lagi setelah hampir 5 bln lebih.. Terakhir Rinjani Mei 2012.. banyak hal yg bikin ga bisa ikut ajakan mendaki dr teman2.. Mulai dari sakitnya Papa sampe saat beliau tiada.. dan akhirnya mulai merasa, aku butuh ke gunung lagi.. Merasakan lg dekapan dinginnya alam-Mu. Terpukau lg oleh indah-Nya alammu.. Tertidur kelelahan setelah naik..

Akhirnya bulan Oktober mulai lg ada ajakan naik.. yang terpilih akhirnya Ciremai.. belum pernah dan emg pgn coba aj..

Mulai lah search di um gugel all about trip to Gn. Ciremai.. Baca Catoper Ciremai org2.. Mulai tahu klo Ciremai itu bukan gunung enteng, Gunung tertinggi di Jawa Barat dg ketingggian 3078 Mdpl. Gunung kering a.k.a ga ada air. Gunung dgn cerita misteri yg angker2.. Contoh utamanya adlah misteri Nini Pelet lahir dari gunung ini.. Sedikit weew sih, tp gapapa.. Klo ke Gunung slama niat nya baik dan tidak laukin hal macem2 InshaAllah ga bkl knp2.. Ditetapkanlah berangkat Ciremai via Linggarjati di kala Long Weekend tgl 14-17 Nov 2012. berangkat Rabu malam pulang Sabtu pagi..

Ciremai itu gunung berapi aktif tertinggi di Jawa Barat, 3078 Mdpl. Terletak di antara Majalengka dan Kuningan. Gunung yg masih rapat2 lebat dan mistis. Gunung yg jauh dan terpisah dr gunung2 lain. Gunung kering.Β  Dari puncak, akan kita saksikan pemandangan kawah – kawah Gunung Ciremai yang menawan. Bila cuaca cerah kita juga dapat menikmati panorama yang menarik ke arah kota Cirebon, Majalengka, Bandung, Laut Jawa, Gunung Slamet, dan Sindoro Sumbing. Untuk mendaki Ciremai bisa lewat 3 jalur pendakian. Linggarjati, Palutungan dan apuy. Kabarnya Linggarjati adalah jalur tersulit dan paling dahsyat, nanjak terus, minim bonus dan paling jauh jg, kemiringan krg lebih 70′.

Image

Seminggu sebelum berangkat mulai hub temen, Lukman namanya, tanya2 ttg persiapan apa udh oke ato blm, mulai cari2 n minjem2 alat yg blm lengkap. Ternyata logistik belum beli. ikutan bantuin si Lukman nentuin apa aj logistik yg kurang n beli di C4.. Anterin titipan k rumah Lukman, disana udah ada Pa’i.. temen2 Slamet ku yg ngangenin, yup utk trip ini perginya bareng temen2 Slamet kmrn. Lukman, Pa’i, Hendra dan Zacky.. rencana dari Jkt berangkat 7 org. Gw, Lukman, pa’i, hendra, Zacky, temen Lukman, temen Lukman dr PKU (cwe). trus di Kuningan bakal ikut 3 org lg (temen Lukman jg). Jd rencana yg bakal ikut ada 11 org.

Tanggal 13 Nop 2012, beli logistik. Lengkapin perlengkapan, Jas hujan, Jaket done. tggl matras yg belum. 14 nopember di jam2 terakhir baru ketahuan klo temen ga bisa minjemin matrasnya. lgsg panik, minjem temen lain. akhirnya dapet, dipinjemin dan di anter joay k kost. thx ay.πŸ™‚

14 Nopember 2012

  • 5 PM pulang kantor lgsg ke Giant beli obat2an dan roti tawar titipan. Di kost langsung packing.. weew..Β  Bingung.. Krna pake matras sgala packingan ga muat.. efek krna bw baju kebanyakan jg kali ya.. ini mslh tiap mendaki, bingung mw bw baju brp byk..πŸ˜€ dasar cewk..πŸ™‚ :))Β  terpaksa sepatu di pake lgsg.. ntr minta tolong packingin ulang sm temen..
  • 8.30 PM cabut.. Bismillah.. Smoga selamat di jalan dan smpe rumah lg.. Naik Busway pake Carriel gede dan sepatu.. Seperti Biasanya jadi alien.. diliatin semua org di busway.. Β  Macem2lah, sampa ada yg baik bntuin n nasehatin.πŸ™‚
  • 9.20 PM sampe Slipi di jemput Hendra. Nongkrong dulu di tokonya Zacky krna basecamp kita a.k.a rumahnya Lukman kosong. YBS lg jemput temen dr PKU di Bandara. Ngobrol2 lah brsma Hendra dan Zacky. ga lama dtg satu lg, namanya Adi.
  • 10.30 jalan ke rumah Lukman. Orgnya blm ada, nunggu dulu.
  • 11.00 Lukman dateng bersama cwe berjilbab gede n pake rok klo mendaki.πŸ™‚ namanya munie. dan langsung mulai packing. dibantuin packing ulang carriel lg

15 nopember 2012

  • 01.00 Am baru mulai jalan. naik mobil rental (lumayan murah 250/hr krna punya temennya Pa’i) yg ntar bakal di titip di Basecamp Linggarjati. 7 org satu tujuan memulai perjalanan dgn doa. Smoga smw lancar, cerah dan selamat smpe pulang lg.. amiin..
  • 04.30 AM Istirahat sambil sholat Shubuh dulu di Mejid Jamie Al-burhan Subang. Karena macet, maklum long weekend jam sgtu baru sampe Subang..πŸ˜€
  • Β 07.00 AM Masuk ke daerah kuningan, kea rah Cilimus, menuju Pondok Pesantren Nurul Hadid menjemput sisa rombongan, sekaligus istirahat. Dan ternyata ada yg special, salah satu anggota kami berumur 6 thn bernama Ibrahim anaknya pak Harun yg juga ikut.. jadinya total anggota tim ciremai ada 11 orang.. 9 pria, 2 wanita.. Istirahat sebentar, sarapan lalu berangkat menuju linggarjati..
  • 11.00 AM sampe di Linggarjati.. pengen mampir ke Museum Linggarjati yg terkenal itu, tp ketua tim bilang besok aja pas pulang kita mampir kesana.. Oke deh boss.. (yg pas pulang akhirnya nyesel.. L)
  • 11.10 AM sampe di basecamp, mendaftar, titipin mobil n motor. Persiapan akhir sebelum mulai jalan.. Foto2 dulu sebelum berangkat dan jam 12 siang tim pun mulai berjalan.
  • 12.00 siang Menyusuri perkebunan warga, masih beralas aspal, dan anehnya start pendakian cuaca disana masih panas. Mungkin efek deket dengan pantai dan mullai mendaki di ketinggian krg lebih 750 Mdpl. Cuacanya masih panas belum sejuk. Baru mulai aja udah ada tanjakan gila. Tanjakan yg mirip Sitinjau Lauik di Padang. Tikungan dan tanjakan yg serem. Awal aja udah pd ngap. Hehehe. Berhenti dimana aja bisa berhenti. Oke deh anggap aja pemanasan ya. Maklum mesin tua, lama panasnya.. wkwkwkwkwk.. ngeles mode on..πŸ˜€
    disini terlihat banyak yg berwisata kesini. Lumayan banyak pengunjungnya. Rata2 anak muda, dg motor, view nya udah bagus, terlihat kota kuningan dr sini. Baru bbrp menit berjalan kami b4 sudah tertinggal dr yg lain. Tim sapu jagat.. hahaha. Eh dijalan ketemu dg bbrpa anak SMP yg lg piknik. Bawa bahann rujak, minta foto sm mereka dan akhirnya berujung makan rujak mrka jg. Alhamdulillah keramahan khas desa masih kental ya. J
  • Perjalanan terus dilanjutkan, dari jalan aspal berubah jd batu n tanah, tp tetap nanjak terus,tetap juga berhenti istirahat trz.. hehehehe.. dan sampai lah di pos pertama
    1. Cibunar, Pos pertama dan satu2nya sumber mata air. Jadi air sudah harus dibawa, dan tak ada sumber mata air lagi sampe turun. Sampe di Cibunar jam 1 siang. Istirahat dan sholat berjamaah di mushola. Foto2 ga lupa donk. Ada pohon lumayan gede disini yg bagus utk jd spot foto2. Cibunar ini semacam camping ground. Jam 2 siang perjalanan dilanjutkan. melewati kebun2 warga. kopi dll.
    2. Liweung Datar, setelah melewati perkebunan warga, jalanan mulai rapat.. sampe di pos Liweung datar, namanya sih datar tp tetap aj udah ngap.. keberatan badan..πŸ˜€
    3. Condong Amis, jalan terus
    4. Kuburan Kuda, namanya serem y.. kabarnya emg ada sejarahny.. Ciremai linggajati dulu t4 tawanan Jepang di buang ato di hukum. orang yg beruntung bakal dgr suara langkah kuda. alhamdulillah kita enggak. perjalan makin sulit n capek dah sore mulai gelap jg.
    5. Panggalap, Wlo niat awal mau ngecamp di Batu lingga tp melihat situasi dan kondisi crew dah pd capek akhirnya ngecamp di sini. Panggalap. Nyampe jam 7 malam. diriin tenda, masak2, makan n tidur. istirahat untuk muncak besok.
    6. Tanjakan Bin bin, Semua dibangunin jam 2.30 WIB. siap2 muncak. bawa bekal, doa dan mulai jalan jam 3 pagi. Tetep di urutan belakang.πŸ˜€ awalnya lgsg pke 2 jaket, tp krna jln n tanjakannya ampun, jaket mulai di buka satu2.πŸ˜€ ngelewatin bbrp tenda org lain yg sepi, entah masih tidur ato mrka jg udah muncak. sampai lah di tanjakan Seruni
    7. Tanjakan Seruni, gila ciremai emg gila. Tanjakanya bener2. ngap, napas susah, lutut ketemu muka semua. Lagi susah2nya mendaki Tanjakan Seruni, eh pas di depan mata kita ada palang bertulis Tanjakan Bapa Tere
    8. Bapa Tere, oooh pantes bgt nih nama pos.. Tanjakannya bener2 ampun2an.. Bener2 kayak bpk tiri.. kejaaaam.. ini bukan mendaki tp memanjat tanjakan Bapa Tere. dan seperti hampir d semua pos di ciremai punya cerita mistis. disini kabarnya dulu ada anak yg dibunuh bapak tiri. Ada yg suka denger anak kecil menangis. hoi hoi..πŸ˜€ Plus jd mikir gini, buset kmrn malam rencananya mau ngecamp di Batu Lingga, ini aja belum sampe2 Batu lingga. Jam uda nunjukin klo matahari bntr lagi bkl muncul sdg kami masih d Bapa Tere, g bakal dpt Sunrise lg deh, seperti biasa..πŸ˜€ Sholat subuh dulu terus lanjut lg jalan. Si Ibrahim masih ttp semangat aja. jalan terus gak capek2 dan pastinya di depan..πŸ™‚ Kami yg dibelakang udah santai aj, mau jam brp nympe puncak jg g mslh.. udh capek, ga mampu jg cepet.. akhirnya tiap ada tempat enak istirahat dan foto2..πŸ˜€
    9. Batu Lingga, Akhirnya sampe jg di Batu Lingga jam 6.44 Pagi.. hehehe.. udah terang istirahat bentar poto2 di nisan bertulis 2 nama sekalgus, meninggal d waktu yg sama. terus lansung jalan.. kirain Sangga Buana ga jauh ternyata, jauuuuu bgt.. jalannya masih aja sama, lutut ketemu muka smw.. capek akhirnya berhenti dlu, sarapan ala kadar trz lanjoot..
    10. Sangga Buana 1, akirnya sampe di pos Sangga Buana 1 jam 8 pagi. istirahat lagi, poto2 pasti, pohonnya mulai berdaun kecil dan banyak lumutnya. Lanjut terus sampe di Sangga Buana 2
    11. Sangga Buana II, nyampe disini jam 9 pagi.. 1 Jam aja dr Sangga Buana 1 ke 2.. lamaaa.. disini dah mulai terlihat edelweis kecil.. yang artinya kita dah makin dekat dgΒ  puncak sodara2.. jd semangat.. Istirahat bentar, trz dilanjut menuju Pangasinan.. Kirain ga bakal jauh ooh ternyata jauh bgt baru sampe Pangasinan. pohonnya dah dikit, banyak yg kering, masih aj nanjakdan mulai berpasir dan batu.
    12. Pangasinan, Nyampe Pangasinan jam 10.27 siang.. lamaa.. tp Wooow pake jungkir balik klo perlu.. disini hutan Edelweis teman2.. Edelweisnya gede2 n tinggi2.. Dimana2 edelweis. Wlo bunganya udah kering tp tetap cantik.. klo datengnya bln september pasti bakal keren bgt.. mulai gersang dan penuh edelweis. satu bukit isinya pohon edelweis semua.. seru liatnya. Ini pertama kali liat edelweis yg gede2 dan bunganya banyak.. cakep.. istirahat sambil liat2 edelweis.. lanjutkan perjalanan menuju puncak sodara2.. dan jalan pun maskin susah dah melelahkan.. dah lama n jauh blm sampe2 juga.. capek dan mulai kambuh pnyakit pgn nyerahnya.. udah ah, dah capek. tp temen lain wlo sm jg mulai patah arangnya ttp semangatin,, sayang kita udah secapek ini, udah sepegel ini masa cm sampe sini.. ntr kita jd masih punya PR blm sampe puncak ciremai. akhirnya maksain kaki ttp jln.. liat ke bawah aja, ga liat ke atas. langkah satu2, pelan asal sampe mau jam brp aj sampe puncak jg boleh.. dah mulai kedengaran siara teman2 yg udah sampe duluan.. kami masih mencoba mejangkau puncak b4 orang. gw, hendra, lukman dan muney. satu langkah,istirhat, semangat naik n manjat batu2, akhirnya sampe Puncak.πŸ™‚
    13. Puncak Panglongokan, 3027 Mdpl. Alhamdulillah ya Allah akhir nya sampe juga.. ternyata hamba masih diberi kekuatan untuk meinjakan kaki di puncak ciremai. alhamdulillah,, disambut temen2 yg udah sampe duluan, ada yg udah sampe dr jam 10.. wow dan kami sampe jam 12 siang.πŸ˜€ Ibrahim juga udah sampe dari td, skrg dy lg istirahat dan tidur. disambut teman dan indahnya pemandangan puncak. kawah puncak ciremai begitu wah.. magis dan keren.. sayang kabut, klo ga kabut bisa liat gunung Slamet di kejauhan. tp itu aj udah keren bgt.. puncak Ciremai yg 3078 Mdpl harus jalan n mutarin kawahnya lagi.. tp kami b4 udah males n capek.. jd cm disekitar panglongokan aja.. itu jg udah pusa.. minum n makan sedikit, foto2 pastinya.. tiba2 semua jd narsis.. Puncak selalu penuh dg suka dan haru.. semua tersenyum bahagia., pemandangan khas puncak.. cantik.. sampe di puncak yg terpikir adalah.. Ya Allah ternyta ga sia2 usaha hamba mu ini untuk memaksakan kaki dan batin agar sampai disini.. semua benar2 terbayang dg indahnya pemandangan di puncak.. semua ada untuk yg mau berusaha keras..πŸ™‚ Usaha berbanding lurus dengan hasil itulah Ciremai..πŸ™‚ Stgh 1 yg lain ada yg minta turun duluan, berhub mereka udah nyampe dari td, dah capek jg n mau istirahat. jd sisa kami b5. Gw, Pa’i, Hendra, Lukman dan Muney. dan mendadak ujan turun, gerimis, kita neduh, makan. sampe cerah lg, foto2 lg.Β  13.30 siang baru turun.

    perjalanan turun, semua pd ngebut.. pengen nympe cepet di bawah.. tp entah knp kaki sakit, jempolku sakit bgt.. kedesak sepatu krna turun akhirnya smpe Tanjakan Bapa tere, buka sepatu.. nyeker, ga nyeker2 amat sih, pake kaus kaki doang, turun b2 Pa’i.. drpd kaki semakin sakit n bakal ssh turun n bikin turun lama jg mending cm pke kaos kaki doank jauh lebih cepet n ga nyakitin. turun nyeker sampe tenda.. Lukman, Hendra dan Muney masih di blk, gw b2 pai ngebut turn.. ttp aj nympe tenda sore.. jam stgh 6 sore.. capek bgt.. dah disediain minum yg tersisa karena air kami udah habis. Air udah habis dr puncak. sampe sakinfg hausnya dijaln minta air ke pendaki lain yg jalan turun.. Alhamdulillah dikasih, lanjut lari turun lg. sampe di tenda ada melon. alhamdulillah bgt ya. ternyata pak HArun dan bengneg dan Ibrahim pulang duluan. dy nitipin pesen, izin pulang dulu, ngerti bgt soalnya kasihan si Baim kecil, Pak harun ninggalin pesen dan peta dimana dy kmrn pas naik sembunyiin air 1 jerigin kecil, persidiaan untuk turun nanti. buka kaos kaki dan tidur. ga tau yg lainya nympe jam brp. pas bangun udah gelap. Lukman muney dan hendra udah dateng. makan apa yg ada.. akhirnya diputuskan kami lgsg turun.. mengingat air yg udah ga ada sama sekali, udah malam kami harus buru2 turun.. rapih2 n packing, beres2in semua dan siap2 jalan.. foto2 dl terakhir disini dan lgsg jalan.. jalan terus bhenti bntr sampe di condong amis pd berhenti cari air yg disembunyin.. rada lama akhirnya nemu,, alhamdulillah semua minum.. 1 jerigen abis lanjut jalan. mulai terpisah.. didepan 2 org. Zacky dan ali. ditengah, gw hendra pai dan bg adi. di blkg terakhir muney dan lukman.. jalan terus rada ngebut.. kami b3 sampe di pos deket cibunar jam 9 malam.. di warung2 yg dah tutup.. ada air mengalir n cukup lapang.. kami b6 istirahat n masak2 disini.. masak makanan yg masih sia.. rebus telor, masak mie, bikin teh dan kopi, sambil tidur2an, nunggu lukman dan muney.. mereka dtg.. Pai dan ali jemput mobil di basecamp.. lumayan jauh perjalann anak itu b2.. jd kami g perlu jalan smpe basecamp lg, mobilnya lgsg dibawa k cibunar sm pai.. jam 11 kami pun mulai jalan ke bawah pake mobil..πŸ˜€ ..Β  sampe dibasecamp byr uang titipan mobil. sampe di Pondok pesantren jam 11.. mandi n makan bakso yg disediain pak Harun.. Pak Harun bilang, Ibrahim alhamdulillah sehat, wlo di pincak sempet muntah. tp ttp sehat..

    jam 1 malam kami jalan kembali menuju Jkarta.Β  Pai as a pak sopir dan Zacky menemani.. Berhub Pai harus masuk besok dan mobil cm sewa 2 hr, jd pai pgn n niat bgt plg skrg dan smpe bsk pagiΒ  d JKt. wlo kita cm bisa niat hasilnya Yg Atas nentuin.. yg lain pd tidur, Pai Zacky rada nyasar.. muter2 kuningan dl nyari jln k PAntura.πŸ˜€ Akhirnya jam 4 Subuh berhenti di Indramayu.. Sholat Subuh n anak b2 itu tidur d teras mesh=jid. Semua jg ikutan tidur. Sopir kami yg sgt kuat, turun naik bawa Carriel, pergi pulang Jkt – Cirebon jd supir pun tepar.. Tidur sampe jam 7.. Jam 8 baru lanjutkan perjlanan kembali k Jkt. Sampe jkt jam 12 siang.πŸ™‚

    Alhamdulillah perjalanan yg menyenangkan bersama teman2 yg gak berhenti bikin bibir terseyum dan tertawa..πŸ™‚

    pendakian setelah sekian lama, yg melelahkan, capek, pegel yg 5 hari baru ilang n bisa jalan seperti biasa. memuaskan.. alhamdulillah bersyukur masih diberi kesempatan melihat kekuatan Mu y Allah.. aku cinta Indonesia..πŸ™‚

//

Di balik ayat

Posted on

“Dan janganlah kamu memaki sesembahan yg mereka sembah selain Allah, krn mereka nanti akan memaki Allah dg melampaui batas tnpa dasar pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.” (Al-An’am 6:108)

 

Ayat yang menjelaskan bahkan Allah pun tidak mengizinkan kita untuk memaki2, menjelek2an agama lain karena itu memberi kesempatan mereka untuk menjelek2an dan memaki2 Allah. kita yg memberi kesempatan orang lain memaki Agama kita sendiri. Jadi lebih baik damai sodara2.. apa salahnya hidup damai. Masalah mu masalah mu, agama mu agama mu, urus masing2 dan wlo kita berbeda keyakinan, belajar lah saling menghormati.

damai itu indah..πŸ™‚

This is it

Posted on

Hari ini ngebosenin bgt.. Bangun sahur stgh 3 dlm keadaan males makan.. (wooow amazing!!! Mutia males mkn!!! ) ato tepatnya bosen mkn menu itu2 mulu..
Rendang + nasi muluuu..
Pengen menu beda tp g ad bahan makanan krna masok krn g punya kulkas krna kost-an listriknya ga kuat. Capedeeeehh..:-/
Ada cuma mie,telor n tomat. Tp ingat niat mcoba hidup sehat,ms sahur mkn mie..
Akhirnya dr stgh 3 smpe jam 4,cm nnton KompasTv smbil baca novel

“agatha christie”

dan akhirnya cm mkn nasi + rendang, sblmnya ngemil bengbeng ditutup dg semangka 4 potong.. (wew banyak jg yaaah..o_O )

Krna bngun stgh 3,tidur lg jam stgh 6.. Akhirnya gw bangun jam 9 pagi.. Hahahaha.. (wlo kebangun bbrpa x utk pipis).. Hihihi..
Nympe kantor jam 9.30 sajoooo Jendraall..
:)))))))

Di kantor,bntuin urus2 tender.. Utak atik blog baru, liat email,beres2 kerjaan plus masih aj ngantuk..
Hadduh..

Sore,ingat buka,kembali males makan mnyerang..😐
Pgn makan d luar,g tw mw ajak siapa (ketauan beeud daah jomblo nya :-#)..
Pengen menu yg beda..
Akhirnya melipir ke Giant.. Ngider2 muter d giant smpe mas2 nya ngeliatin mulu ( dia pikir gw lg mata2in n naksir dy kali y)
Akhirnya mutusin pgn bkin sop ala kadar.
Ambil wortel 2 buah, kol stengah, kentang sedikit plus bakso yg gw pijir harganya cm 12rb eh tnyta d kasir 28rb.. Weeeew muaahhaaalnyaaaa..
Wlo akhirnya ttp beli dg embel2Β  d hati: gpp kan lebih sehat. Itung2 kmrn kan buka dah d traktir..πŸ˜€ hahaha..

Nympe kost smw d masak..
Dan jd lah taraaa..

image

This is it Sop Bakso Sayur ala chef muti n lidya.. Hmmm.. Nyummii..

Good looking right..πŸ˜€
Seneng deh,akhirnya masak lg stlh dah lama ga masak..
πŸ™‚

Buka pun dtg, alhamdulillah uenaak..
Nyummmi kya resep farah quinn..

Nilai moral hr ini: memasak bikin mood gw bagooess..πŸ˜€

Selamat berpuasa eh berbuka semuaa..
πŸ™‚

Test Drive

Posted on

Assalamualaikum Wr. Wb
Halo Blog, salam kenal.. this is my very very first post on my very very first blog..
asli bener2 gaptek n awan. g paham gmn main di blog.
dengan sok pedenya coba2 sndri, cm pake jari n mata, alias baca n coba2 ndiri n tetep aja masih bingung.
akhirnya tnya temen yg udah experd dg urusan blog (sbenernya malu tp kata pepatah lebih baik telat dari g sama sekali) ngeles mode: onπŸ˜€
d terangin dikit2, lumayan ngerti.. thx y chya..πŸ™‚

btw, yg bikin niat utk mulai menjelajah blog itu karena pengen ikutan kuis yg syaratnya mesti bikin post tentang kuis itu d blog masing..
hadiah kuisnya sih g terlalu menarik, cuma pengen ikutan krn pengen nyoba ikut aja. rata2 alasan gw ikutan kuis sih emg ini. iseng n pengen liat gw bisa ga?πŸ˜€
and then lahirlah blog ini..
mutia yg paling benci pelajaran mengarang sejak dulu, paling males bikin kata2, bahasa lebay-nya merangkai kata2 akhirnya punya blog. apapum alasan bikinnya (demi kuis), yang penting akhirnya mutia punya blog.

karena masih coba2, asal ngomong n asal insert picture.
sepertinya blog ini bakal banyak berisi tentang perjalananku ke gunung2..πŸ™‚

selamat nge-blog mutia..πŸ™‚

Anyer Marbela

πŸ˜€

DeeRiee's Blog

Software untuk bersama :)

c h y a

..live is an adventure & God is my guide, enjoy it..

β™₯The crΓ¨me de la cropβ™₯

..live is an adventure & God is my guide, enjoy it..

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.